Jumat, 21 Januari 2011

Khasiat Sirih Merah

Sirih Merah merupakan tanaman yang sangat berkhasiat. Tanaman ini mempunyai daun berwarna merah keunguan dengan bagian atasnya berbatik-batik. Sirih Merah dapat digunakan untuk
menyembuhkan penyakit diabetes. Selain bisa menurunkan kadar gula darah, tanaman ini juga dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit-penyakit lain seperti hipertensi, radang lever, radang prostat, radang mata, keputihan maag, kanker payu darah, nyeri sendi dan juga dapat dimanfaatkan sebagai penjaga stamina.
Sirih Merah dapat digunakan juga sebagai alat kecantikan, seperti penghalus kulit dan sebagai desinfektan atau anti jamur, seperti untuk kumur dan mengobati keputihan.
Tanaman ini mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Harga 3 - 5 lembar daunnya bisa mencapai 7 - 15 ribu rupiah, jadi tanaman ini sangat cocok untuk dibudidayakan. Lalu bagaimana cara mengkonsumsinya:
  1. Dengan cara merebus 3-5 lembar daunnya dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga air rebusan tinggal 1 gelas. Biarkan dingin dan minum 3 kali sehari. JIka tidak tahan dengan rasanya yang pahit, bisa menambahkan dengan sedikit madu.
  2. Dengan mengeringkan daunnya sehingga menjadi seperti teh. Seduh dengan air panas, dinginkan lalu minum 3 kali sehari. Selamat Mencoba!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar