Rabu, 03 Maret 2010

Khasiat Petai Cina


Petai cina atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah lamtara atau mlandhing, ternyata mempunyai manfaat yang cukup besar. Tanaman ini mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti: kalsium, lemak, fosfor, zat besi, protein, serta vitamin A, B1, dan C. Adapun bijinya mengandung mimosin, leukanin, protein, dan leukanol. Tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Seperti obat cacing, melancarkan buang air besar, untuk mengobati patah tulang, susah tidur (insomnia), bengkak, radang ginjal, dan diabetes.


Akar tanaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk melancarkan datang bulan, khususnya untuk kaum perempuan. Adapun cara penggunaannya sebagai berikut:
1. Obat diabetes
Seduh 1 sendok teh bubuk biji petai cina dengan setengah cangkir air panas. Air hasil seduhan kemudian diminum pada saat masih hangat. Lakukan hal ini setengah jam sesudah anda makan secara teratur 2 sampai 3 kali sehari.
2. Obat cacingan, bengkak,dan radang ginjal
Rebus 3 - 5 gram serbuk biji tanaman petai cina yang sudah dikeringkan dengan 1 cangkir air panas, kemudian diminum 3 kali sehari dengan dosis yang sama.
3. Obat bisul, patah tulang, dan insomnia
Rebus 10 gram semua bagian petai cina dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Kemudian diminum sehari 1 kali saat masih hangat.
Perlu diperhatikan, sebelum menggunakan resep ini pastikan bahwa biji petai cina harus kering dan ditumbuk halus, kemudian disimpan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar